KAJIAN USABILITY PADA SEBUAH WEBSITE BERDASARKAN 10 PRINSIP HEURISTIK USABILITY JACOB NIELSEN


Halo ! Hari ini saya akan menulis kajian terhadap 10 prinsip usability yang dikemukan oleh Jacob Nielsen. Apa Pengertian Usability ?  Mengapa Usability Penting ? Apa 10 prinsip usability yang dikemukan oleh Jacob Nielsen ? Mari kita bahas…



Pengertian Usability




Usability adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan kemudahan yang didapat seseorang dalam menggunakan sebuah alat untuk mencapai tujuan.

Mengapa Usability Penting?



Web Usability merupakan cerminan dari kebiasaan yang umumnya dilakukan oleh pengguna situs. Usability penting agar suatu situs website dapat bertahan lama. Suatu website yang memiliki usability tinggi maka makin besar peluangnya untuk dikunjungi oleh para pengguna. Pengguna ingin mendapatkan informasi secara cepat dan sesuai yang diharapkan. Tetapi jika suatu website memiliki usability rendah maka akan membingungkan pengguna dan pengguna langsung meninggalkan website dan beralih ke website lain.

10 Prinsip Heuristik Usability Jacob Nielsen




  1. Visibility of system status
  2. Match between system and the real world
  3. User control and freedom
  4. Consistency and standard
  5. Error prevention
  6. Recognition rather than recall
  7. Flexibility and efficiency of use
  8. Aesthetic and minimalist design
  9. Help user recognize, diagnose, and recover from errors
  10. Help and documentation      

  

        Dalam artikel ini saya akan menganalisis sebuah situs belanja online Tokopedia

Kajian 10 Prinsip Heuristik Usability Jacob Nielsen


      1.       Visibility of system status
          Visibility of system status atau visibilitas dari sistem adalah sistem harus selalu memberi tahu user apa yang sedang terjadi, sedang melakukan apakah user, user sedang berada di bagian apa. Menurut saya sistem yang terdapat di tokopedia sudah memenuhi prinsip visibility of system status karena sistem memberitahu apa yang harus dilakukan oleh user dan langkah-langkahnya. Seperti login ke Tokopedia.



      2.     Match between system dan the real world
        Match between system dan the real world yaitu sistem harus “berbicara” dengan bahasa, kata, frasa serta konsep yang dimengerti dan terbiasa bagi user. Menurut saya sistem yang terdapat di Tokopedia sudah memenuhi prinsip match between system and the real world karena bahasa yang digunakan dan penyampaian informasi mudah dimengerti oleh user dan penyampainnya jelas. Contoh misalnya saya ingin membeli tiket pesawat, maka sistem akan langsung memproses umtuk ke menu tiket pesawat.



     3.     User control and freedom
         User control and freedom artinya user atau pengguna diberi kebebasan untuk mengatur dan mengontrol sistem yang digunakan. Menurut saya sistem yang terdapat di Tokopedia sudah memenuhi prinsip user control and freedom. Misalnya ketika kita membeli tiket pesawat maka kita bebas memilih maskapai pesawat apa yang kita inginkan, harga yang kita inginkan, durasi penerbangan yang kita inginkan,dll.


     4.    Consistency and standard
            Consistency and standard atau konsistensi dan standar artinya dapat menghindarkan user dari was-was atau ragu-ragu di saat menggunakan suatu perintah. Menurut saya sistem yang terdapat di Tokopedia sudah memenuhi prinsip consistency and standard karena setiap untuk membeli pulsa,membeli paket data, membayar listrik, dan masih banyak menu lainnya itu sudah dipisahkan satu-satu jadi user tidak was-was.


   
     5.    Error prevention
      Error prevention artinya lebih baik membuat desain yang baik diharapkan memperbanyak pesan error. Tokopedia sudah memenuhi prinsip error prevention karena ketika saya ingin  mencari di kolom pencarian sndal maka sistem akan sendirinya memperbaiki menjadi sandal.




    6.    Recognition rather than recall
      Recognition rather than recall yaitu minimalkan ingatan user dengan membuat objek, tindakan, dan pilihan yang mudah terlihat. Jangan membuat user mengingat – ingat apa yang harus dilakukan setelahnya. Tokopedia sudah memenuhi prinsip recognition rather than recall. Seperti gambar dibawah ini Tokopedia sudah memasang simbol untuk user dapat mengingatnya dengan mudah.



     7.    Flexibility and efficiency of use
       Flexibility and efficiency of use artinya mempermudah dan mempercepat user untuk melakukan setiap tugasnya. Tokopedia sudah menggunakan prinsip ini karena ketika kita menekan tombol kategori maka user akan diarahkan ke pilihan apa yang ingin dituju.


     8.   Aesthetic and minimalist design
      Aesthetic and minimalist design yang artinya tampilan halaman awal jangan berisi informasi yang tidak relevan atau jarang yang tidak dibutuhkan. Menurut saya Tokopedia belum menggunakan prinsip ini karena masih banyak iklan dan promo-promo di halaman awal yang membuat pengguna agak terganggu.


    9.   Help users recognize, diagnose, and recover from errors
     Help users recognize, diagnose, and recover from errors adalah jika sistem memberikan pesan kesalahan pada user maka sistem juga harus memberikan solusinya. Tokopedia sudah menggunakan prinsip ini karena jika kita ingin mendaftar akun baru maka kita disuruh masukkan nomor ponsel atau email untuk mendaftar.

   10.   Help and documentation
      Help and documentation adalah sistem memberikan bantuan dan dokumentasi agar membantu user dalam menggunakan sistem. Di Tokopedia sudah menggunakan prinsip ini karena sudah ada kolom pusat bantuan.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas Materi 7 : Finite State Automata & Non Finite State Automata

Tugas 5 : Latihan Penyederhanaan Tata Bahasa Bebas Konteks

PENYEDERHANAAN TATA BAHASA BEBAS KONTEKS